4 Mażhab Yang Dipakai Umat Islam
1. Mażhab Hanafi. Penyusunnya yaitu Imam Abu Hanifah. Beliau dilahirkan pada tahun 80 Hijriah dan meniggal dunia di Bahdad pada tahun 150 Hijriah. Beliau belajar di Kufah, dan disanalah beliau mulai menyusun mażhabnya. Kemudian beliau duduk berfatwa mengembangkan ilmu pengetahuan di Bahdad. Beliau memberikan penerangan kepada segenap lapisan muslimin, sehingga ia terkenal sebagai seorang terbesar di masa itu, mahir dalam ilmu fiqh serta pandai meng-istinbat-kan hukum dari Al-Qur’an dan Hadiś.
Menurut riwayat yang dapat dipercaya, beliau adalah wadi’ ilmu fiqh (yang mula-mula menyusun ilmu fiqh sebaimana susunan sekarang ini). Beberapa ulama telah bergaul dengan Abu Hanifah, mereka pelajari mażhab beliau dan hukum yang mereka dapat dari beliau itu mereka tulis. Mereka sebagai pendukung mażhab Abu Hanifah. Kemudian sebagian besar dari mereka kembali memeriksa dan menyelidiki hukum-hukum tadi dengan memeriksa dalil-dalilnya serta disesuaikan dengan keadaan-keadaan kefaedaha dan kemudaratannya, sehingga beberapa diantara mereka ada yang tidak mufakat terhadap sebagian dari hukum-hukum yang telah ditetapkan oleh imam tadi, bahkan mereka tetapkan hukumnya menurut pendapat mereka sendiri, berbeda dengan pendapat Imam Abu Hanifah. Mereka inilah yang dinamakan sahabat-sahabat Abu Hanifah, diantaranya yaitu Abu Yusuf, Muhammad bin Hasan, dan Zufar. Mażhab ini banyak tersiar di Bahdad, Parsi, Bukhara, Mesir, Syam, dll.
2. Mażhab Maliki. Nama penyusunya adalah Malik bin Anas Al-Aş bahi. Beliau dilahirkan tahun 93 Hijriah dan meniggal dunia dalam bulan Safar tahun 170 Hijriah. Beliau belajar di Madinah, dan disana beliau menulis kitab Al-Muwaţţa, kitab hadiś yang terkenal sampai sekarang. Beliau menyusun kitab tersebut atas anjuran Khalifah Manşur ketika beliau bertemu waktu menunaikan haji.
Beliau menyusun mażhabnya atas 4 dasar: Kitab Suci, Sunnah Rasul, ijma’, dan qiyas. Hanya, dasar yang terakhir ini beliau gunakan dalam hal-hal yang terbatas sekali karena beliau adalah ahli hadiś. Beliau berkata, “Sesungguhnya saya sebagai manusia biasa kadang-kadang betul dan kadang-kadang salah, maka hendaklah kamu periksa dan kamu selidiki pendapat-pendapat itu; mana yang sesuai dengan sunnah, ambillah!”.
Imam Malik adalah ahli fiqh dan hadiś. Pada masanya beliau terbilang paling berpengaruh di seluruh Hijaz. Orang menyebut beliau “Sayyid Fuqaha Al-Hijaz” (pemimpin ahli fiqh di seluruh daerah Hijaz). Beliau mempunyai banyak sahabat(murid), diantaranya yang terkemuka ialah Muhammad bin Idris bin Syafii, Al-Laiśy bin Sa’ad, Abu Ishaq Al-Farazi. Pengikut mażhab ini terbanyak terdapat di Tunisia, Tripoli, Magribi, dan Mesir.
3. Mażhab Syafii. Nama penyusunnya adalah Muhammad bin Idris bin Syafii, keturunan bangsa Quraisyi. Beliau dilahirkan di Khuzzah tahun 150 Hijriyah, dan meninggal di Mesir tahun 204 Hijriyah. Sewaktu berumur 7 tahun, beliau telah hafal Al-Qur’an. Setelah berumur 10 tahun beliau hafal Al-Muwaţţa (kitab guru beliau, Imam Malik). Setelah beliau berumur 20 tahun, beliau mendapat izin dari gurunya (Muslim bin Khalid) untuk berfatwa). Kata Ali bin Usman, “Saya tidak pernah melihat seorang pun yang lebih pintar daripada Syafii. Sesungguhnys tidak ada seorang pun yang menyamainya di masa itu. Ia pintar dalam segala pengetahuan, sehingga bila ia melontarkan anak panah, dapat dijamin 90% akan mengenai sasarannya.”
Ketika hampir berumur 20 tahun, beliau pergi ke Madinah karena mendengar kabar tentang Imam Malik yang begitu terkenal sebagai ulama besar ilmu hadiś dan fiqh. Di sana beliau belajar kepada Imam Malik. Kemudian beliau pergi ke Irak, disana bergaul dengan sahabat-sahabat Imam Abu Hanifah. Beliau terus pergi ke Parsi dan negeri lain. Kira-kira 2 tahun lamanya beliau dalam perjalanan ini.
Dalam perjalanan ke negeri-negeri itu bertambahlah pengetahuan beliau tentang keadaan penghidupan dan tabiat manusia. Misalnya keadaan yang menimbulakan perbedaan adat dan akhlak, sangat berguna bagi beliau sebagai alat untuk mempertimbangkan hukum peristiwa-peristiwa yang akan beliau hadapi. Kemudian beliau diminta oleh Khalifah Harun Ar-Rasyid supaya tetap tinggal di Bahdad. Setelah menetap di Bahdad, disanalah beliau menyiarkan agama, dan pendapat-pendapat beliau diterima oleh semua lapisan masyarakat.
Beliau bergaul baik dengan rakyat maupun dengan pemerintah, bertukar pikiran dengan ulama, terutama sahabat-sahabat Imam Abu Hanifah, sehingga dengan pertukaran pikiran dan pergaulan itu beliau dapat menyusun pendapat “qadim” (pendapat beliau yang pertama). Kemudian beliau kembali ke Mekah hingga tahun 198 Hijriyah. Pada thun itu pula beliau pergi ke Mesir, di sana beliau menyusun pendapat beliau yang baru (qaulul jadid).
Kata-kata Syafii yang sangat perlu menjadi perhatian, terutama ulama yang mendukung dan mengikuti mażhab Syafii, ialah: “Apabila hadiś itu sah, itulah mażhabku, dan buanglah perkataanku yang timbul dari ijtihadku.” Pengikut mażhab Syafii yang terbanyak ialah di Mesir, Kurdistan, Yaman, Aden, Hadramaut, Mekah, Pakistan, dan Indonesia.
4. Mażhab Hanbali. Nama penyusunya adalah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal. Beliau di lahirkan di Bahdad dan meninggal dunia pada hari Jum’at tanggal 12 Rabiul Awwal tahun 241 Hijriyah. Semenjak kecil beliau belajar di Bahdad, Syam, Hijaz, dan Yaman. Beliau adalah murid Imam Syafii. Syafii memuji . Katanya. “Saya keluar dari Bahdad, tidak saya tinggalkan di sana seorang yang lebih taqwa, lebih wara’, dan lebih alim selain Ahmad bin Hambal, yang sungguh banyak menghafal hadiś.
Murid beliau banyak yang terkemuka, diantaranya yaitu Bukhari dan Muslim. Beliau berpegang teguh pda fatwa sahabat apabila tidak ada naş. Beliau menyusun mażhabnya atas 4 dasar.
Dasar pertama adalah naş Quran dan hadiś. Dalam soal yang beliau hadap, beliau selidiki ada atau tidaknya naş, kalau ada naş, beliau berfatwa menurut naş itu.
Dasar kedua adalah fatwa sahabat. Dalam suatu peristiwa, apabila tidak ada naş yang bersangkutan dengan peristiwa itu, beliau cari fatwanya para sahabat. Apabila ada fatwa dari salah seorang sahabat, sedangkan beliau tidak melihat bantahan dari sahabat-sahabat lain maka beliau hukumkan peristiwa itu menurut fatwa sahabat tadi. Jika fatwa itu berbeda antara beberapa sahabat, beliau pilih yang lebih dekat pada Kitab atau Sunnah.
Dasar ketiga adalahh mursal atau lemah, apabila tidak bertentangan dengan dalil-dalil yang lain.
Dasar keempat adalah qias. Beliau tidak memakai qias kecuali tidak ada jalan lain.
Beliau sangat hati-hati dalam melahirkan fatwa apabila tidak ada naş atau aśar sahabat. Kemungkinan besar karena sangat hati-hatinya beliau menjalankan fatwa itulah yang menyebabkan lambatnya mażhab beliau tersiar di daerah yang jauh, apalagi muruid-murid beliau pun sangat berhati-hati pula. Mula-mula mażhab itu tersiar di Bahdad, kemudian berangsur-angsur keluar daerah-daerah lain. Sekarang pengikutnya terbanyak ialah si Hijaz, apalagi sesudah Raja Ibnu Sa’ud menetapkan mażhab Hanbali sebagai mażhab resmi bagi pemerintah Arab Saudi. Di Mesir tidak tampak mażhab ini kecuali pada abad ke-7 Hijriyah. Hingga sekarang tidak banyak rakyat Mesir yang mengikuti mażhab ini.
Demikianlah ringkasan perkembangan hukum fiqh Islam.
0 komentar:
Posting Komentar